her gloomy, lovely, little macabre voice : stina nordenstam

13.27 Diposting oleh eksentrik artistik

“I see myself as more of an artist than a music artist. Music is something I just happen to be good at.”
(Stina Nordenstam)

Saya selalu tertarik dengan hal-hal eksentrik. Yang terlihat berbeda, yang terasa berbeda, yang terdengar berbeda. Sebuah peralihan dari hal-hal yang terlihat, terasa, atau terdengar monoton.
Since music is my biggest lust, maka saya akan memberikan penyegaran baru untuk telinga hari ini. Jadi inilah dia, a couple years ago I heard this eccentric delicate music. Sebuah musik lama yang saking saya suka, sampai-sampai diulas dalam blog ini.
Pada awalnya saya tidak tahu siapa penyanyi dan judul lagunya. Saya mendengarnya dari sebuah kaset yang didapat dalam kotak di gudang rumah saya. Sebuah kaset berdebu tanpa cover. Yang saya tahu, tercetak tulisan berjudul “Romeo + Juliet Soundtrack” di permukaan kaset itu.

Karena tertarik terhadap suara childish ditambah musik yang berpadu dengan suara choir gereja, akhirnya saya mencari tahu siapa sosok dibelakang suara yang saya kagumi. That gloomy, lovely, little macabre voice. Suara romantis yang kadang membuat merinding dengan tiba-tiba.

Then I found it, “Little Star”, song by a Swedish girl named Kristina Marianne Nordenstam. Tidak banyak yang mengetahui tentang dirinya. Stina dikenal sebagai seorang penyendiri. Lebih memilih untuk menyebut dirinya sebagai seorang seniman daripada seorang penyanyi. Jadi dia membuat sebuah pilihan : opting not to play live and rarely giving interviews.
Bahkan dia menutupi penampilan aslinya menggunakan wig dan make-up untuk pemotretan cover album dan majalah, sehingga tidak banyak yang mengetahui “the real her”. Walaupun begitu bisikan halus Stina Nordenstam yang sukar dipahami mampu mengangkat rahasia berat menjadi sebuah nyanyian.
Saya kemudian beranjak mendengarkan Purple Rain, Dynamite, Keen Yellow Planet, dan belasan bahkan puluhan lagu lainnya. Musiknya selalu dibanding-bandingkan dengan musik wanita Icelandic, Bjork, tanpa elemen elektroniknya.

HER ECCENTRIC VOICE. Inilah yang membuat saya tertarik dan terus mencari tahu tentang sosok Stina Nordenstam. Suara childishnya menghamburkan aroma depresi. Terkadang bisa membuat merinding di tengah-tengah keromantisan, murung di tengah anarki, atau bernafsu di dalam keduanya. Hard to explain, you can hear and compare it by your self. Skak Mat!

Albums :

You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Response to "her gloomy, lovely, little macabre voice : stina nordenstam"

  1. Pingu-penguin Said,

    woww sangat inspirational. coba ada slh satu video klipnya. :)

    Posted on 6 Juni 2009 pukul 22.14

     
  2. eksentrik artistik Said,

    waah terima kasih atas masukannya
    tentunya ini akan menjadi pertimbangan kami untuk terus mengembangkan blog ini :)

    Posted on 7 Juni 2009 pukul 04.16

     
  3. eksentrik artistik Said,

    oh iya, anda bisa langsung mencari video stina nordenstam dengan mencarinya pada baris video 'powered by: youtube' yang kami sediakan di panel paling kanan. selamat menikmati :)

    Posted on 7 Juni 2009 pukul 04.46

     
  4. veniArni Said,

    waaaww she is really cool! i've heard about her.. blog nya keren deeh.. btw visit our blog and dont forget leave a comment! thanks anyway..

    Posted on 14 Juni 2009 pukul 22.26

     

Posting Komentar