Pameran TPB - Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

19.59 Diposting oleh eksentrik artistik



Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB tampaknya terus berusaha untuk tampil sebagai institusi pendidikan seni terbaik di Indonesia - terbukti dengan gelaran demi gelaran pameran yang tak ada hentinya.

Setelah menyelenggarakan Pameran Jurusan Kriya beberapa hari sebelumnya, pada 2-3 Juni 2009 FSRD ITB kembali mempersebahkan sebuah pameran seni rupa bertajuk Pameran TPB FSRD 2008 di Gedung Serbaguna Kampus Ganesha ini. Ya, sebuah ajang bagi mahasiswa FSRD angkatan 2008 untuk menunjukkan karya-karya terbaiknya sepanjang satu tahun pertama di masa Tahap Persiapan Bersama (TPB) sebelum melanjutkan pendidikan berikutnya di jurusan yang mereka pilih.

Karya yang ditampilkan meliputi karya nirmana dua dimensi yang berbahan kertas dan pewarna serta tiga dimensi yang menggunakan material sedotan, kawat, serta gips. Sebanyak 200 mahasiswa terlibat dalam kegiatan ini.

Kendati karya yang ditampilkan cukup memanjakan mata, sslah seorang pengunjung, Emeraldi, Mahasiswa Desain Produk ITB angkatan 2007 menyayangkan perubahan konsep karya nirmana dua dimensi, "Sayang sekali, karya nirmana dua dimensinya itu olah awalnya menggunakan komputer, berbeda dengan angkatan saya tahun lalu. Memang menarik tapi yaa sayang saja... ada unsur 'pengasah skill' yang hilang. Terlepas dari itu karya tiga dimensi teman-teman sudah oke."

Pada hari kedua, diadakan pula sebuah talkshow bertajuk "Siapa Takut? Siapa Berani?" pada pukul 09.00-11.00 WIB. Kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum. Talkshow ini merupakan sebuah alternatif untuk menemukan jawaban dari pertnyaan: "Apa yang menanti mahasiswa FSRD di masa yang akan datang?" Primadi Tabrani, guru besar FSRD ITB, serta dua orang alumni FSRD ITB, Albert Yonathan Setyawan (seni keramik) dan Enarldo Tadya Girardi (desain komunikai visual) berbagi pandangan mereka tentang masa depan dunia yang konon berbasiskan bahasa rupa.
Reaksi: 
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pameran TPB - Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB"

Posting Komentar